Sosiologi

karl_marx_quote

Eiyooo, Wutzupp ma pren. Kali ini aku akan menjelaskan tentang sosiologi. Mungkin sebagian dari kita sudah ada yang pernah belajar sosiologi, buat yang sekolah di SMA. Sedangkan buat yang sekolah di SMK tidak pernah mengenal sosiologi. Okey, I think it’s fine. Disini aku akan jelaskan sedikit banyaknya tentang sosiologi, serta sosiologi yang ada di universitas aku sendiri yaitu Universitas Muhammadiyah Malang.

Terminologi

Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang artinya kawan, sedangkan Logos yang dapat diartikan ilmu pengetahuan. Untuk istilah ini pertama kalinya dipublikasikan dalam buku karangan August Comte yang berjudul “Cours De Philosophie Positive”.

Definisi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Sosiologi ialah suatu pengetahuan atau ilmu tentang sifat, perilaku, dan perkembangan masyarakat; ilmu tentang struktur sosial, proses sosial, dan perubahannya. Sosiologi ialah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat, dimana kajian sosiologi sendiri ialah tentang ruang lingkup masyarakat.

Masyarakat adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama, dan memiliki budaya. Sosiologi hendak mempelajari masyarakat, perilaku masyarakat, dan perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya. Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum.

Kelompok tersebut mencakup keluarga, suku bangsa, negara dan berbagai organisasi politik, ekonomi, sosial.

Tentang Jurusan Sosiologi di Universitas Muhammadiyah Malang

Pada tahun 1998 tepatnya. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang membuka Program Studi Ilmu Sosiologi dengan konsentrasi awal yaitu konsentrasi pada Sosiologi Industri.

Untuk saat ini sendiri, Prodi Sosiologi di Universitas memiliki tiga konsentrasi yang sesuai dengan hasil Lokakarya tahun 2011l. Tiga konsentrasi jurusan Sosiologi yaitu: 1) Konsentrasi Sosiologi Industri, 2) Konsentrasi Sosiologi Lingkungan, serta 3) Konsentrasi Sosiologi Pembangunan. Nantinya lulusan Sosiologi mampu diharapkan untuk peka terhadap hal-hal yang terjadi di sekitar, seperti perubahan-perubahan sosial baik skala kecil maupun besar. Lulusan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Malang diharapkan memiliki kualifikasi kemampuan mengenali, memahami dan mengkritisi perubahan sosial, masalah sosial dan model pembangunan masyarakat. Diharapkan lulusan Sosiologi nantinya menjadi sesuatu yang membantu masyarakat kaum bawah serta menengah agar terciptanya kesejahteraan untuk semua.

Penampakan Ketua Jurusan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Malang.

muhammad-hayat-s_sos_-ma_-kaprodi-sosiologi

Muhammad Hayat, S.Sos., MA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *