Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang & Masjid KH M. Bedjo Darmoleksono

 Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang

rsumm

Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang

Hai guys. Kita semua tau kalau sakit itu gak enak. Jadi jagalah kesehatan kalian sebaik mungkin ya. Kalau sakit terus harus dirawat inap di rumah sakit kan gak enak. Sehari rasa sebulan, dan sebulan tentunya rasa setahun hohoho. Aku sendiri pernah ngerasain di rumah sakit selama 3 minggu, Aku dipulangkan karena hari itu adalah H-3 dari hari raya idul fitri. Mungkin dokternya kasian kali ya kalau aku harus berlebaran di rumah sakit, makanya aku dipulangin aja, alhamdulillah. Oh iya kali ini aku akan berbagi sedikit tentang rumah sakit yang dimiliki oleh Universitas Muhamadiyah Malang ini. RS UMM kalau kata orang-orang. RS UMM dibangun sejak tahun 2009 dan diresmikan pada 17 Agustus 2013, bertepatan dengan hari indenpenden berdirinya negara Indonesia yang ke-68 yah, wah hebat. Rumah Sakit ini diresmikan lagi oleh Presiden ke-5 Republik Indonesia yaitu Ibu Hj. Megawati Soekarno Putri padatanggal 17 Juni 2014.

Rumah sakit ini merupakan sarana penunjang pendidikan dan merupakan salah satu profit center dari Universitas Muhammadiyah Malang. Lokasi rumah sakit tidak jauh dari Kampus III Universitas Muhammadiyah Malang yaitu tepatnya di sebelah timur terminal Landungsari.

Rumah sakit ini memiliki luas total 9 hektare dengan tinggi enam lantai dan beberapa bangunan gedung penunjang setinggi 5 lantai dan gedung rawat inap setinggi 3 lantai. Bentuk bangunan yang megah dan mewah dengan ciri khas arsitektur tiongkok, menjadikan RS Universitas Muhammadiyah Malang ini mudah dikenali.

Keberadaan RS UMM merupakan bagian dari layanan kesehatan berusaha untuk memberikan pelayanan  terbaik bagi seluruh pasien. Mengusung motto “pelayananku, pengabdianku” mendorong RS UMM agar terus dan terus belajar meningkatkan layanan yang memuaskan masyarakat.

Masjid KH M Bedjo Darmoleksono

derdo mesjid

Masjid ini ialah akulturasi dari budaya Indonesia dan Tiongkok, namun secara bangunan Masjid ini lebih dominan nuansa Tiongkoknya. Masih satu lokasi dengan Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang. Masjid ini benar-benar unik dan istimewa karena tidak dibangun oleh muslim tionghoa atau semacamnya, namun masjid ini di bangun oleh Universitas Muhammadiyah sendiri sesuai dengan namanya yang diambil dari salah satu pelopor muhammadiyah.

Diharapkan masjid ini dapat menjadi sarana tempat peribadahan untuk masyarakat yang beraktifitas di sekitar rumah sakit. Diharapkan pula masjid ini menjadi fasilitas untuk mendekatkan rumah sakit dengan masyarakat.

Dipilihnya arsitektur Tiongkok dengan tiga lapis atap masjid, menandakan bahwa UMM bersifat terbuka, plural dan bisa belajar dari mana saja, termasuk ke negeri China. Tiga lapis atap yang mirip masjid Muhammad Cheng Ho Pasuruan itu, menandakan kekuatan Iman, Islam dan Ihsan. Masjid Kyai Bedjo memiliki struktur bangunan yang khas. Gaya arsitekturnya meniru gaya Tionghoa, yang mengingatkan kita pada bentuk bangunan masjid Muhammad Cheng Ho di Pasuruan. Filosofi yang hendak dibangun dari bentuk bangunan itu, diambil dari anjuran Islam untuk mencari ilmu hingga ke negeri Cina. Dengan demikian, siapapun yang melihat dan berkunjung di masjid itu diharapkan bisa terinspirasi hadis nabi ‘tuntutan ilmu sampai ke Cina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *