Masjid Ar-Fachruddin, Masjid Agung Universitas Muhammadiyah Malang

Masjid Ar Fachruddin Universitas Muhammadiyah Malang

Masjid AR.Fachruddin Universitas Muhammadiyah Malang

Sejatinya seperti yang kita tahu masjid adalah tempat suci umat muslim yang digunakan untuk melakukan ibadah sholat. Masjid ialah rumah Allah, tempat suci yang dapat ditingkatkan penggunaannya. Masjid yang baik yaitu masjid yang tidak hanya dapat digunakan untuk sholat saja, tetapi masjid yang di dalamnya dapat melakukan aktifitas-aktifitas produktif yang positif selama tidak bertentangan dengan syariat Islam. Salah satunya yaitu masjid agung yang dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Malang ini, yaitu masjid A.R. Fachruddin.
Masjid A.R. Fachruddin ini dibangun pada tahun 1995 dengan memakan waktu 23 bulan. Terhitung sejak bulan november 1994 sampai dengan September 1996. Luas bangunan masjid ini ialah 14.834,70 meter persegi. Masjid A.R. Fachruddin diresmikan oleh Presiden ke-3 Negara Republik Indonesia, yaitu Presiden Prof. Dr. Ing H. B. J. Habibie, tepatnya pada tanggal 28  april 1999.
masjidarfachruddin3

Masjid ini terdiri dari 5 lantai yang fungsi setiap lantai berbeda antara lainnya. Tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah saja, namun masjid A.R. Fachruddin memiliki fungsi yang sangat banyak, yaitu sebagai tempat perkuliahan maupun perkantoran. Terkadang digunakan untuk aktifitas-aktifitas mahasiswa seperti kegiatan organisasi maupun berkumpul untuk mengerjakan tugas-tugas perkuliahan. Berikut ini gambaran-gambaran setiap lantai yang ada di masjid A.R. Fachruddin:

Lantai 1

Kita akan menemukan perkantoran seperti bank BNI dan bank Jati. Ada pula koperasi karyawan Melati Serta laboratorium milik FISIP (Hubungan Internasional, Sosiologi, Kesejahteraan Sosial, Ilmu Pemerintahan). Serta ada kantor Bimbingan Konseling dan area parkir yang sangat luas disekitar masjid A.R. Fachruddin untuk mahasiswa, pegawai, maupun umum.

masjidarfachruddin4masjidarfachruddin5

Lantai 2

Pada lantai dua ini dijadikan untuk tempat perkuliahan dan sebagian lagi kantor organisasi untuk lembaga dakwah kampus. Tempat wudhu, wc umum juga berada di lantai dua ini.

Lantai 3

Lantai tiga digunakan untuk tempat melakukan ibadah seperti sholat. Di lantai tiga juga kita akan menemukan beberapa ruangan yang dipakai untuk perkuliahan, dan itu ada disekitar tempat peribadahan.

Lantai 4

Lantai empat hanya berisi tempat perkuliahan. Namun terkadang jika jamaah sholat membeludak, lantai empat akan digunakan juga sebagai tempat peribadahan, seperti waktu sholat Jum’at contohnya.

Lantai 5

Fungsi dari lantai 5 ialah sebagai tempat perkuliahan. Selain dari itu aku sendiri tidak tahu menahu karena lantai 5 jarang sekali dijamah oleh banyak orang, terutama oleh mahasiswa.

Lokasi Masjid A.R. Fachruddin ini bertepatan di depan jalan raya tlogomas, sehingga masyarakat umum pun dapat dengan mudah untuk mengakses masjid ini, untuk beribadah tepatnya. Bangunan masjid dibuat dengan asitektur modern yang sangat eksotik. Oleh karena letaknya yang strategis, maka masjid AR. Fachruddin sering digunakan sebagai salah satu tujuan wisata oleh wisatawan baik domestik maupun asing.

Selain masjid A.R. Fachruddin. Aku juga akan mengulas sedikit tentang SPBU Universitas Muhammadiyah Malang yang letaknya bersampingan dengan Masjid A.R. Fachruddin ini.

Penampakan ane di Masjid A.R. Fachruddin Universitas Muhammadiyah Malang

Penampakan ane di Masjid A.R. Fachruddin Universitas Muhammadiyah Malang

 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Universitas Muhammadiyah Malang

http://www.umm.ac.id/files/image/foto_unitusaha/spbu.jpg

Berdirinya SPBU milik Universitas Muhammadiyah Malang ini merupakan salah satu upaya UMM dalam mengembangkan profit centre untuk mendukung finansial selain biaya pendidikan dari mahasiswa.

SPBU UMM ini sendiri dilengkapi dengan cafetaria dan resting area yang bertempat di lantai dasar. Pendirian SPBU ini dinilai sangat prospektif karena jumlah mahasiswa, dosen dan karyawan UMM sangat banyak dengan kebutuhan bahan bakar kendaraan sangat tinggi. Selain sebagai profit centre, SPBU UMM merupakan salah satu bentuk layanan bagi civitas akademika dan masyarakat umum dalam hal kemudahan penyediaan bahan bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *