Pelatihan Aplikasi Tekhnologi Informasi Universitas Muhammadiyah Malang

pati-logo

Salam semangat duhai sobat-sobatku yang berbahagia. Mungkin saat ini kita sedang memasuki musim yang sangat labil. Sama seperti remaja, musimpun bisa terkena efek yang melelahkan banyak orang yaitu labil ya. Dimulai dari panas yang sangat terik dan kemudian tiba-tiba hujan turun disertain angin kencang. Semoga dilabilnya musim ini kita semua masih dijaga kesehatannya oleh Allah SWT ya sobat, aamiin ya rab.

Kali ini aku sendiri ingin memberikan penjelasan salah satu pelatihan yang ada di Universitas Muhamamdiyah Malang, yaitu PATI. PATI atau kepanjangan dari Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi sifatnya wajib untuk diikuti oleh maba-maba Universitas Muhammadiyah Malang. Karena fungsi dari PATi ini sendiri ialah untuk memberitahukan fasilitas-fasilitas yang UMM punya berkaitan dengan bidang informasi, diakhir pelatihan ini sendiri nantinya diberikan sertifikat buat yang lulus pelatihan ini. Sertifikat ini nantinya buat ngurus skripsi biasanya jika yang tidak ada sertifikat PATI ini mungkin tidak dapat melanjutkan sidang skripsian.Karena itu diperlukan partisipasi oleh mahasiswa-mahasiswa baru untuk mengikuti pelatihan ini. Pelatihan ini sendiri diinstruksikan oleh panitia-panitia yang kebetulan juga seorang mahasiswa UMM yang masih berada di semester 3 dan 5. Instruktur PATI sendiri biasanya berasal dari macam-macam fakultas dan jurusan. Pelatihan ini dilaksanakan selama 5 hari (kecuali hari jum’at dan minggu).

Kali ini aku akan rincikan pelatihan yang aku terima hari perhari.

Oke pada pelatihan hari pertama yaitu instruktur memberitahukan kepada peserta tentang internet dan kegunaannya, serta tata krama dalam berinternet. Instruktur juga menginstruksikan untuk mengaktifkan akun-akun yang berkaitan dengan Universitas, seperti Infokhs, Krs, Webmail, blog UMM, dan juga E-Learning.

Pada pelatihan hari kedua, instruktur masih memberikan penjelasan berkutat dengan link-link yang dimiliki oleh universitas seperti halnya link umm sendiri yaitu (umm.ac.id) ataupun cara krs (dikarenakan belum waktunya untuk krs, jadi link ini tidak dapat diakses lebih lanjut), serta pengenalan singkat tentang simutu, dan rumah sakit yang dimiliki oleh UMM.

Pelatihan hari ketiga sangat singkat dikarenakan ruangan lab.kom. ekonomi mengalami permasalahan ruangan, yaitu sangat panas dan instruktur serta peserta merasa gerah. Jadi pelatihan sangat singkat dan hanya berjalan selama satu jam. Pelatihan kali ini yaitu pengenalan blog serta ms.office.

Pelatihan hari keempat masih pengenalan tentang blog. Kali ini membahas blog luar, yaitu blog wordpress. Tampilan blog student dengan blog wordpress sangat berbeda. Karena wordpress banyak fitur-fitur baru yang tidak dimiliki blog student. Pelatihan kali ini hanya tentang pengenalan blog wordpress, dan untuk pelatihan hari kelima yaitu diliburkan serta pelatihan hari keenam yaitu hanya pembagian sertifikat buat yang lulus PATI ini.

Mungkin itu saja yang bisa aku bagikan untuk pelatihan kali ini. Oh iya yang buat aku betah dan senang ikut pelatihan teknologi ini yaitu ada instrukturnya yang cantik hehe, kyaaaaa >,<.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *